Syair ini penulis tujukan untuk
guru-guru agung yang memberikan kontribusi luar biasa menjaga moral peradaban,
antara lain : Maulana Jalaluddin Rumi, Imam Al Ghazali, Sheikh Abdul Qadir
Jailani, Maulana Muhammad Iqbal, serta Buya Hamka. Melalui perjumpaan ruhani
lewat karya-karya mereka penulis mengalami “masa berguru” yang lama dan penuh
proses ruhaniah. terima kasih atas kesediaan mereka membuka “mata hati” ini.
Malam ini,
Aku tersentak dari kenikmatan tidur panjang sebuah peradaban yang rapuh,
Membuka mata tentang cahaya surya yang semakin redup ditutupi polusi keserakahan,
Tak lagi tercium harumnya bunga di taman firdausi yang memacarkan ke segenap penjuru bumi,
Sungguh,peradaban telah menuju sekarat menjelang kematian.
Tiada lagi cinta yang
mengharubirukan para sufi pengembara pencari Tuhan,
atau Diwan sang Maulana yang bersenandung lirih menembus sekat nafsu angkara,
Guru, dunia telah dikutuk bagaikan segelas anggur yang bermetamorfosa menjadi segelas arak yang memabukkan,
semua telah berubah dalam bentuk penyembahan berhala angka-angka dan lembaran huruf tak bermakna.
atau Diwan sang Maulana yang bersenandung lirih menembus sekat nafsu angkara,
Guru, dunia telah dikutuk bagaikan segelas anggur yang bermetamorfosa menjadi segelas arak yang memabukkan,
semua telah berubah dalam bentuk penyembahan berhala angka-angka dan lembaran huruf tak bermakna.
Dalam keringnya ruhani manusia
modern, pencarian cinta menjadi sebuah pilihan.
Bagaikan tabahnya Ibrahim berjalan di tengah teriknya gurun Arabia untuk sebuah kepatuhan,
ataupun tersesatnya Musa selama empat puluh tahun di gurun sinai,
atau, sujudnya Daud dengan kidung Zabur-nya yang menghentikan kicauan burung di bumi.
Bagaikan tabahnya Ibrahim berjalan di tengah teriknya gurun Arabia untuk sebuah kepatuhan,
ataupun tersesatnya Musa selama empat puluh tahun di gurun sinai,
atau, sujudnya Daud dengan kidung Zabur-nya yang menghentikan kicauan burung di bumi.
II
Kini, sungai darah sebagai wujud kehinaan firaun telah mengalir di berbagai belahan dunia para khalifah-Mu,
Negeri-negeri yang dulu memancarkan sinar peradaban tempat para guru agung lahir telah berubah menjadi ladang pembantaian,
Konya tempat Maulana Agung Rumi menjadi bahagian dari Kemalisme yang menghancurkan khilafah terakhir,
Baghdad (pusat dunia) tempat sang Wali Qutub Seikh Abdul Qadir Jailani memancarkan cahaya Ruhani kini porak poranda,
Pakistan (tanah murni) pun telah dijadikan sarang pemburuan dan pembantaian para pencinta Ilahi,
Kini, sungai darah sebagai wujud kehinaan firaun telah mengalir di berbagai belahan dunia para khalifah-Mu,
Negeri-negeri yang dulu memancarkan sinar peradaban tempat para guru agung lahir telah berubah menjadi ladang pembantaian,
Konya tempat Maulana Agung Rumi menjadi bahagian dari Kemalisme yang menghancurkan khilafah terakhir,
Baghdad (pusat dunia) tempat sang Wali Qutub Seikh Abdul Qadir Jailani memancarkan cahaya Ruhani kini porak poranda,
Pakistan (tanah murni) pun telah dijadikan sarang pemburuan dan pembantaian para pencinta Ilahi,
III
Betapa kurindukan suasana tatkala cahaya mata Syamsyuddin at-Tabriz membakar lantai pasir Madrasah Rumi dan menghanguskan buku-buku yang ada.
Agar daku tak butuh buku untuk menyingkap indahnya rahasia ilham dan kasyaf yang tak akan terang oleh kaca paham peradaban kini.”
Yang menjadikan guru Rumi lemparkan semua kemegahan dan kesenangan duniawi, mengundurkan diri ke kehidupan menyendiri dalam ketaatan kepada guru spiritualnya.
Tapi takkan ada lagi kesetaraan persahabatan antara Musa dan Khaidir setelah itu.
Betapa kurindukan suasana tatkala cahaya mata Syamsyuddin at-Tabriz membakar lantai pasir Madrasah Rumi dan menghanguskan buku-buku yang ada.
Agar daku tak butuh buku untuk menyingkap indahnya rahasia ilham dan kasyaf yang tak akan terang oleh kaca paham peradaban kini.”
Yang menjadikan guru Rumi lemparkan semua kemegahan dan kesenangan duniawi, mengundurkan diri ke kehidupan menyendiri dalam ketaatan kepada guru spiritualnya.
Tapi takkan ada lagi kesetaraan persahabatan antara Musa dan Khaidir setelah itu.
Karena para Wali- telah dikasyafkan
dalam pandangan mata manusia modern.
Ujar-ujang agung yang syarat makna Aqliah dan ruhiyah telah berubah hanya dalam hafalan dan analisa,
Jutaan guru bermunculan karena harapan pada sesuap nasi, bukan karena idealisme yang bertumpu pada tujuan surgawi,
cahaya wajahnya sangat bergantung pada angka-angka kalender yang berhubungan dengan lembaran kertas berharga,
Idealisme?semua telah tercampak ke dalam tong sampah bagaikan bangkai anjing yang dipandang menjijikkan,
Ujar-ujang agung yang syarat makna Aqliah dan ruhiyah telah berubah hanya dalam hafalan dan analisa,
Jutaan guru bermunculan karena harapan pada sesuap nasi, bukan karena idealisme yang bertumpu pada tujuan surgawi,
cahaya wajahnya sangat bergantung pada angka-angka kalender yang berhubungan dengan lembaran kertas berharga,
Idealisme?semua telah tercampak ke dalam tong sampah bagaikan bangkai anjing yang dipandang menjijikkan,
Guru….
Masih adakah cinta dan kepatuhan yang akan memberikan buah keberkahan yang manis,
manakala sang murid tahu bahwa sang guru tidak bekerja untuk membentuk akal dan ruhani,
hanya…keterpaksaan demi sesuap nasi dan sejuknya tempat istirahat dari keletihan umur.
Masih adakah cinta dan kepatuhan yang akan memberikan buah keberkahan yang manis,
manakala sang murid tahu bahwa sang guru tidak bekerja untuk membentuk akal dan ruhani,
hanya…keterpaksaan demi sesuap nasi dan sejuknya tempat istirahat dari keletihan umur.
IV
Dalam rentanya peradaban materi, ada jiwa-jiwa yang memiliki cita-cita agung,
walaupun mereka bak sebutir pasir di tengah gurun luas,
Wahai murid, sudahkah engkau pecahkan tembok keangkuhan jati diri demi sebuah cahaya hikmah,
ataukah daku telah salah menganggap dirimu sebagai putra rajawali penakluk angkasa?padahal hanya seekor burung puyuh yang bersarang ditanah,
atau…sesungguhnya engkau hanya seekor kambing yang mencoba mengaum menirukan singa perkasa?
Kalaulah engkau memang sang putra rajawali,
Dalam rentanya peradaban materi, ada jiwa-jiwa yang memiliki cita-cita agung,
walaupun mereka bak sebutir pasir di tengah gurun luas,
Wahai murid, sudahkah engkau pecahkan tembok keangkuhan jati diri demi sebuah cahaya hikmah,
ataukah daku telah salah menganggap dirimu sebagai putra rajawali penakluk angkasa?padahal hanya seekor burung puyuh yang bersarang ditanah,
atau…sesungguhnya engkau hanya seekor kambing yang mencoba mengaum menirukan singa perkasa?
Kalaulah engkau memang sang putra rajawali,
Engkau pasti bisa menangkap
isyarat-isyarat akan datangnya badai dan bencana yang melanda bumi.
Sambaran petir, Tsunami, gunung meletus, banjir, dan tentara Tuhan lainnya yang telah dikirim ke bumi.
Tapi sayang semua sudah tiada bermakna untuk sebuah kesadaran diri?
Sambaran petir, Tsunami, gunung meletus, banjir, dan tentara Tuhan lainnya yang telah dikirim ke bumi.
Tapi sayang semua sudah tiada bermakna untuk sebuah kesadaran diri?
V
Guru…
Sekarang kidung-kidung sucimu terpendam jauh dipelosok dan desa-desa terpencil dimana kebenaran masih dihormati,
Surau-surau, zahwah, seruling bambu guru rumi berubah menjadi nyanyian cinta asmara sengau yang digilai bagai gilanya Majnun pada Laila.
Ratib Sang sheik Abdul Qadir jarang terdengar di tempat-tempat yang dipenuhi wajah-wajah yang bercahaya,
dan harapan Maulana Iqbal hanya menjadi seonggok kertas yang tersimpan dibagian arsip perpustakaan.
Guru…
Sekarang kidung-kidung sucimu terpendam jauh dipelosok dan desa-desa terpencil dimana kebenaran masih dihormati,
Surau-surau, zahwah, seruling bambu guru rumi berubah menjadi nyanyian cinta asmara sengau yang digilai bagai gilanya Majnun pada Laila.
Ratib Sang sheik Abdul Qadir jarang terdengar di tempat-tempat yang dipenuhi wajah-wajah yang bercahaya,
dan harapan Maulana Iqbal hanya menjadi seonggok kertas yang tersimpan dibagian arsip perpustakaan.
Adapun daku muridmu?
terpapar dalam kesunyian dan kesendirian mencari jati diri yang mendekati senja kematian,
ingin kupergi bagaikan Yunus yang putus asa?tapi aku takut awan merah akan membakarku dalam murka-Nya,
Atau lari seperti ashabul kahfi, namun aku takut akan tertidur selamanya dalam ketiadaan Ridho-Nya.
karena daku tak seperti yunus dalam menyuarakan kidung Ilahi dan tiada terancam bak ashabul kahfi.
terpapar dalam kesunyian dan kesendirian mencari jati diri yang mendekati senja kematian,
ingin kupergi bagaikan Yunus yang putus asa?tapi aku takut awan merah akan membakarku dalam murka-Nya,
Atau lari seperti ashabul kahfi, namun aku takut akan tertidur selamanya dalam ketiadaan Ridho-Nya.
karena daku tak seperti yunus dalam menyuarakan kidung Ilahi dan tiada terancam bak ashabul kahfi.
VI
Guru, dalam sunyinya malam dan sepinya para pencinta kidung sucimu,
Ada secercah cahaya yang meresap dalam ke relung jiwa, memberi isyarat tentang senja sebuah peradaban berhala,
aku berharap tatkala Mahdi terakhir tiba,
semua pencinta Ilahi akan bersatu menegakkan panji-panji kebenaran,
seperti di masa dahulu, tatkala api cinta membakar dunia selama tujuh ratus tahun.
Guru, dalam sunyinya malam dan sepinya para pencinta kidung sucimu,
Ada secercah cahaya yang meresap dalam ke relung jiwa, memberi isyarat tentang senja sebuah peradaban berhala,
aku berharap tatkala Mahdi terakhir tiba,
semua pencinta Ilahi akan bersatu menegakkan panji-panji kebenaran,
seperti di masa dahulu, tatkala api cinta membakar dunia selama tujuh ratus tahun.
Di hari ini, Milyaran manusia bumi
berharap.
Akan muncul pemimpin agung seperti Raja Sulaiman sang Penakluk Jin dan energi ciptaan Ilahi,
Pengendali badai, angin, dan awan yang rendahkan hati dengan menghormati nasehat seekor semut,
atau bagaikan seorang Khalifah Umar Sang Penakluk Rumawi dan Persia yang sanggup memikul karung gandum demi sebuah amanah,
Atau seperti Panglima saladin sang penakluk Raja Richard yang hanya wariskan sebuah kendi untuk anak keturunannya.
Bukan pemimpin yang muncul dengan berbagai tipu daya dan janji-janji yang meninibobokkan,
atau yang berlindung dibalik kepalsuan.
Akan muncul pemimpin agung seperti Raja Sulaiman sang Penakluk Jin dan energi ciptaan Ilahi,
Pengendali badai, angin, dan awan yang rendahkan hati dengan menghormati nasehat seekor semut,
atau bagaikan seorang Khalifah Umar Sang Penakluk Rumawi dan Persia yang sanggup memikul karung gandum demi sebuah amanah,
Atau seperti Panglima saladin sang penakluk Raja Richard yang hanya wariskan sebuah kendi untuk anak keturunannya.
Bukan pemimpin yang muncul dengan berbagai tipu daya dan janji-janji yang meninibobokkan,
atau yang berlindung dibalik kepalsuan.
VII
Guru…
Kini para pencinta Ilahi dihinakan dan dikejar-kejar seperti kelinci yang harus bersembunyi di berbagai lubang,
Sedangkan para Srigala bersatu padu di berbagai penjuru membantai mereka satu demi satu,
di berbagai penjuru, sesama kelinci asyik bercengkrama menikmati hijaunya rumput segar,
sungguh sebuah ironi dalam persaudaraan sejati.
Guru…
Kini para pencinta Ilahi dihinakan dan dikejar-kejar seperti kelinci yang harus bersembunyi di berbagai lubang,
Sedangkan para Srigala bersatu padu di berbagai penjuru membantai mereka satu demi satu,
di berbagai penjuru, sesama kelinci asyik bercengkrama menikmati hijaunya rumput segar,
sungguh sebuah ironi dalam persaudaraan sejati.
Guru…
Kapan kidung kita akan kembali dinyanyikan para pencinta diseluruh penjuru bumi,
ratib-ratib puja pada Sang Pencipta memenuhi sudut-sudut malam,
dan cahaya keberkahan kembali tercurah bagai hujan,
suburkan bumi, menuai keberkahan,
sampai tibanya hari pembalasan.
Kapan kidung kita akan kembali dinyanyikan para pencinta diseluruh penjuru bumi,
ratib-ratib puja pada Sang Pencipta memenuhi sudut-sudut malam,
dan cahaya keberkahan kembali tercurah bagai hujan,
suburkan bumi, menuai keberkahan,
sampai tibanya hari pembalasan.
***